top of page

6 Tips Perawatan Bulu Kucing Secara Alami dan Mudah

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang digemari banyak orang. Selain karena tingkah lucunya, daya tarik kucing yang membuat para pet owner jatuh cinta tak lain adalah karena bulunya. Bulu kucing terkenal lembut ketika disentuh. Selain itu, coraknya yang beragam membuat daya tarik bulu kucing semakin dicintai pet owner. Apalagi jika bulu kucingnya terawat, bersih, halus dan sehat. Supaya bulu kucing tetap halus dan sehat, berikut tips perawatan bulu kucing yang alami dan mudah.


1. Rutin Menyisir Bulu Kucing

Rutin menyisir bulu kucing jadi hal pertama yang wajib dilakukan jika ingin bulu kucing tetap terawat. Ini berguna untuk menjaring bulu-bulu mati atau bulu yang rontok dari badan kucing. Pasalnya, jika tak segera dibersihkan, bulu-bulu rontok ini dapat menggumpal dan kusut. Gunakan sisir khusus kucing supaya hasilnya lebih maksimal.



2. Memandikan Kucing

Kucing terkenal sebagai hewan pecinta kebersihan karena hampir 50% waktunya dihabiskan untuk menjilati dirinya sendiri. Meskipun demikian, sebagai pet owner juga perlu memperhatikan kebersihan kucing salah satunya dengan memandikannya. Buatlah jadwal rutin untuk memandikan kucing dan jangan tunggu sampai kucing dalam keadaan yang benar-benar kotor. Gunakan juga sampo kucing yang gentle dan air hangat ketika memandikannya. Setelah selesai, langsung keringkan supaya tidak lembap.



3. Jemur Kucing di Bawah Sinar Matahari

Langkah ini bisa dilakukan beberapa hari sekali dalam seminggu. Durasi untuk menjemur kucing pun tidak terlalu lama, hanya 3-5 menit di pagi hari. Tujuannya supaya bulu kucing tidak lembap, membantu membunuh kutu, dan memberikan asupan vitamin D secara alami pada kucing.



4. Hindari Suhu Ruangan Lembap

Suhu lembap menyebabkan tumbuhnya jamur pada kucing. Selain itu, suhu lembab juga membuat mata kucing berair dan muncul kotoran di mata atau belek. Oleh karena itu, pastikan suhu ruangan dalam keadaan normal.



5. Hindari Kutu, Scabies, dan Jamur

Kutu, scabies, dan jamur menyebabkan bulu kucing mudah rontok. Pemeriksaan rutin ke dokter hewan, bisa mencegah terjadinya penyakit kulit pada kucing seperti scabies dan jamur.




6. Berikan Vitamin Khusus

Selain perawatan dari luar, kucing juga memerlukan perawatan dari dalam. Caranya dengan memberikan vitamin khusus bulu kucing supaya semakin halus, sehat, dan terawat. Asupan nutrisi kucing juga bisa mendukung perawatan bulunya dari dalam.


Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat bulu kucing secara alami. Bagi para pet owner yang ingin merawat bulu kucing dengan mudah tanpa repot, gunakan jasalengkap.com untuk layanan grooming terpercaya dan terjangkau. Temukan juga jasa lainnya dari mulai jasa umum hingga jasa digital.

0 comments

Comments


bottom of page