top of page

Tips Merawat Keyboard Laptop Supaya Awet

Seringnya WFH (Work From Home) atau remote working membuat intensitas penggunakan perangkat elektronik menjadi meningkat. Contohnya saja laptop. Oleh karena penggunaannya yang sering, maka ada baiknya untuk memberikan perawatan yang teratur supaya laptop jadi lebih awet. Terutama pada keyboard. Nah, berikut ini tip merawat keyboard supaya tidak rusak.



1. Gunakan Keyborad Cover


Cover keyboard mampu melindungi keyboard dari debu dan cairan. Harga dari keyboard cover ini bervariasi tergantung jenis keyboard leptop kamu, tapi umumnya dijual dengan harga yang murah. Penggunaan Keyborad Cover ini akan mengurangi masuknya debu dan cairan kedalam sela-sela keyboard laptop.


2. Jangan Menekan Terlalu Kencang


Tiap keyboard laptop memiliki batas tekanan yang berbeda-beda. Jika kamu menekan tombol laptop terlalu keras, maka keyboard laptop menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama. Hal tersebt bisa dihindari jika kamu menekan keyboard tidak terlalu berlebihan.


3. Gunakan Keyboard Eksternal


Jika kamu Gamers, sebaiknya gunakan keyboard eksternal. Hal ini ditujukan untuk menghindari menekan keyboard terlalu kencang. Sekalipun jika kamu menekan secara kencang, maka yang akan rusak adalah keyboard eksternal. Nah, jika keyboard eksternal rusak maka cara menggantinya pun mudah dan harganya pun lebih murah dibandingkan mengganti keyboard bawaan laptop.


4. Menggunakan On-Screen Keyboard


Jika tidak sempat membeli keyboard USB dan sangat membutuhkan keyboard untuk mengetik, maka cobalah untuk menggunakan on-screen keyboard. Untuk menggunakannya bukalah Start > Program > Accessories > Accessibility, kemudian pilih On-Screen Keyboard. On-Screen Keyboard ini berfungsi layaknya keyboard biasa. Namun, pengoperasiannya dengan menggunakan mouse atau touchpad. Cukup merepotkan memang, tapi sangat berguna jika Anda membutuhkannya dalam kondisi terdesak.


5. Jangan Menaruh Benda Berat Diatas Keyboard Laptop


Tekanan berat di atas keyboard laptop akan menyebabkan kerusakan tak hanya pada keyboard, tapi juga komponen lainnya. Sebaiknya hindari menaruh barang berat di atas keyboard untuk memperpanjang masa guananya.


6. Jauhkan Dari Cairan


Biasanya seseorang yang bekerja atau bermain akan menaruh minuman seperti teh, kopi, dan air putih dekat dengan laptop. Tujuan menaruh minuman didekat lapto adalah agar mudah diraih saat merasa haus. Sebenarnya hal ini boleh-boleh saja, tetapi kamu harus ekstra berhati-hati jika minum di dekat keyboard laptop, karena jika terjadi tumpahan air dan mengenai laptop maka akan menyebabkan keyboard laptop menjadi cepat rusak dan tidak awet.


7. Rutin Membersihkan Keyboard


Pernah gak sih, keyboard laptop kamu banyak debu? Nah jika pernah maka pada saat mau menggunakan laptop terasa tidak nyaman bukan. Nah maka dari itu kamu bisa membersihkan keyboard laptop dengan lap atau kuas yang khusus untuk membersihkan keyboard laptop. Kuas pembersih keyboard laptop bisa kamu dapatkan di toko-toko laptop terdekat dan harganya pun sangat murah.


Demikian tips merawat keyboard laptop agar bisa tahan lama. Kalau pun keyboard sudah terlanjur rusak, kamu bisa gunakan jasa reparasi laptop dari jasalengkap.com

Tak hanya itu, kamu juga bisa temukan jasa lainnya mulai dari yang umum hingga digital.

0 comments

Comments


bottom of page