top of page

Dijamin Cuan! Deretan Situs Ini Berani Bayar Tinggi Tulisanmu

Tahukah kamu, menulis kini juga bisa menghasilkan cuan loh. Ini tentu saja bisa menambah pemasukan sekaligus menambah ilmu. Nah, berikut ini beberapa situs yang berani bayar mahal untuk tulisanmu.


1. Geotimes Indonesia



Jika ingin mengirim tulisan ke situs ini, kamu harus memperhatikan syarat dan ketentuan agar tulisan yang kamu kirim layak muat. Misalnya, dari unsur fakta, relevansi dan teori-teori pendukung lain. Sebagian besar konten di situs ini berbentuk Opini dan Esai. Selain itu, ada beberapa syarat-syarat yang harus diperhatikan jika anda ingin mengirim naskah di situs ini, seperti:

– Tulisan terdiri dari 750-1000 kata

– Biodata pengirim harus jelas dan sesuai dengan identitas yang dimiliki

– Responsif terhadap isu-isu aktual

– Artikel harus argumentatif

– Tidak mengandung SARA

– Tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Dari persyaratan di atas, sangat jelas kalau tulisan di Geotimes sangat serius. Selain tulisan bertema serius, tulisan juga perlu trend yang ada. Konon, situs ini memberikan Rp 350.000 untuk satu tulisan.




Menurut informasi di situs Mojok, besaran honor untuk satu tulisan berkisar Rp250.000-350.000 untuk satu tulisan. Jika mengirimkan tulisan ke Mojok, jangan lupa lampirkan nomor rekening di badan email. Ketentuan lainnya bisa dibaca di bagian “ketentuan mengirim tulisan” di situs Mojok.


Selain itu, Mojok membuka kanal “terminal” yang mirip laman keroyokan ala Kompasiana atau Vivalog, di mana siapa pun bisa berkontribusi di sana. Kanal terminal dimaksudkan sebagai blog auto-generated-content atau AGC yang menerima tulisan dari jalur non-reguler, karena penulis bisa memposting sendiri tulisannya asal sudah memiliki akun. Pihak Mojok yang nantinya memutuskan menayangkan tulisan atau tidak. Reward atau benefit merupakan perhitungan dari setiap 1 poin. Satu tulisan berarti 1 poin. Jika berhasil mengumpulkan 10 poin, maka duit yang didapat sebesar Rp250.000,-. Namun, setiap penulis hanya dibolehkan mengumpulkan 20 poin atau Rp500.000,- per bulan.




Situs ini cocok bagi kamu yang suka dengan tulisan pendek dan ringan, seperti artikel-artikel ringan mulai dari opini, cerpen, dan resensi buku. Situs ini memberi honor Rp100.000 per tulisan. Namun ada beberapa penulis yang dibayar sampai Rp300.000 untuk kategori opini atau esai. Sementara untuk puisi dan resensi buku, Anda akan mendapatkan honor Rp250 ribu dan Rp200.000. Jumlah honor tersebut tentu saja lebih tinggi dari honor yang mampu dibayarkan media lokal. Meskipun begitu, semua tulisan yang masuk akan dikurasi terlebih dahulu. Jika lolos, situs ini tidak hanya memberi honor melainkan juga souvernir kaos.


Sangat bercuan kan situs di atas tadi? Namun, hal yang perlu kamu perhatikan saat akan mengirim tulisan adalah pastikan tulisanmu sudah melalui proses editing mandiri atau self-editing. Kalau kamu kebingungan mengedit sendiri, gunakan jasa editing tulisan dari jasalengkap.com

Tak hanya itu, disini kamu bisa temukan jasa lainnya mulai dari umum hingga digital.



1 comment

1 comentario


Ini infonya bermanfaat banget ❤️

Me gusta
bottom of page