top of page
  • Writer's pictureAdmin

Berencana Ikut SBMPTN? Terapkan Tips Berikut Biar Kamu Lolos di PTN Favorit!


Halo sobat Jasa Lengkap!

Buat kamu yang sebentar lagi akan lulus SMA, masa-masa peralihan menuju jadi anak kuliahan emang bikin bimbang dan bingung. Mungkin beberapa di antara kamu sudah terjamin pendidikan tingginya dengan mengambil jurusan di kampus swasta. Namun, beberapa lainnya mungkin sangat mengejar perguruan tinggi favorit.

Nah, buat kamu yang mengejar perguruan tinggi negeri favorit, salah satu jalur seleksi yang banyak digandrungi adalah SBMPTN atau jalur tes. Mengingat ketatnya jalur ini, tentu kamu butuh persiapan yang gila-gilaan dan sangat matang. Untuk membantu kamu, mimin punya beberapa tips nih untuk menghadapi SBMPTN. Apa saja itu? Berikut tipsnya.


1) Riset keketatan PTN & jurusan

Untuk bisa lolos SBMPTN, mengingat ketatnya persaingan, tentu kamu harus memilih jurusan dan kampus yang realistis. Lakukan research di internet seberapa ketat persaingan di jurusan dan kampus yang kamu pilih serta seberapa tinggi standar nilai orang-orang yang berhasil masuk ke jurusan tersebut.


2) Ikuti tryout

Mengikuti tryout memberikan gambaran soal kemampuanmu serta melatihmu untuk terbiasa dengan suasana ujian. Terbiasa dengan suasana ujian itu penting lho, soalnya seringkali banyak orang merasa kelewat grogi saat ujian sehingga hasil ujian jadi tidak maksimal.


3) Pilih jurusan dan PTN yang realistis

Dari hasil riset dan tryout yang sudah kamu lakukan, kamu bisa memilih mana jurusan & PTN yang realistis untuk kamu tembus. Tidak masalah kamu mengambil jurusan & PTN yang keketatan dan standar nilainya sedikit lebih tinggi daripada hasil try out kamu, soalnya kamu masih punya banyak waktu untuk meningkatkan tryout. Cara seperti ini juga bisa memotivasi kamu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri.


4) Luangkan lebih banyak waktu untuk belajar

Tentu dengan persaingan super ketat, persiapan kamu juga harus gila-gilaan. Mimin sarankan kamu untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk belajar. Mulai hindari ajakan-ajakan untuk bermain setiap hari, mabar, atau kegiatan lain yang tidak produktif. Lebih baik kamu alokasikan waktu tersebut untuk belajar.


5) Buat kelompok belajar

Seringkali, orang sulit termotivasi apabila melakukan segala sesuatu sendiri, termasuk belajar. Mungkin, dengan membuat kelompok belajar, kamu bisa termotivasi untuk belajar karena melihat progress dari teman-teman sekelompokmu. Kamu bisa ajak teman sekolahmu atau bahkan teman di internet untuk belajar bersama dan membuat kelompok belajar.


6) Memiliki tutor

Keberadaan tutor akan sangat membantu dalam memantau progress belajarmu. Tutor di sini boleh berasal dari bimbel atau bahkan tutor privat. Dengan begitu, kamu bisa belajar lebih teratur dan efektif.


Kalau kamu butuh tutor untuk SBMPTN, cari aja di Jasa Lengkap! Harga jelas, terhubung langsung dengan penyedia, tanpa biaya layanan.

0 comments

Comentários


bottom of page