top of page

Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kerusakan AC



Ketika cuaca panas, menyalakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) tentu menjadi solusi cepat untuk mendinginkan tubuh. Namun, seringkali kita merasa abai pada penggunaan AC. Misalnya saja terlalu sering menggunakan tanpa memperhatikan kondisi AC tersebut baik atau tidak. Padahal jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada AC. Tidak hanya itu, ada beberapa kebiasaan lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan AC. Berikut ulasannya.

1. Lupa Mengganti Filter AC



AC yang sering digunakan tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan penumpukan kotoran di filternya. Jika dibiarkan, maka kapasitor pada AC akan berkerja semakin keras. Semakin keras AC bekerja, semakin cepat pula komponennya terbakar. Oleh karena itu sebaiknya rutin mengganti filter AC supaya usia pemakaiannya lebih lama sekaligus membuat udara yang berembus jadi lebih dingin dan kuat.

2. Terlalu Sering Digunakan



AC memang dirancang untuk mendinginkan ruangan. Namun, terkadang beberapa orang justru menggunakannya meskipun tengah meninggalkan rumah. Tujuannya tak lain supaya ruangan terasa sejuk saat kembali ke rumah. Justru hal inilah jadi salah satu pemicu kerusakan AC. Sebaiknya hindari cara ini atau gunakan AC yang memiliki sistem pintar dan memiliki akses jarak jauh untuk menghidupkan.


3. Menempatkan Perangkat Listrik di Sebelah Termostat.



Pastikan perangkat listrik seperti lampu, TV, atau peralatan pemancar panas lainnya tidak diletakkan di dekat AC. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada AC karena sistem AC menangkap panas yang tidak alami.

4. Mengatur Suhu Tetap Rendah



Suhu rendah AC memang cocok saat cuaca sedang panas. Namun, pada titik tertentu justru dapat menyebabkan kerusakan pada AC dan memperpendek usia pemakaiannya. Sehingga tidak dianjurkan untuk mengatur suhu AC terlalu rendah.

5. Tidak Membersihkan AC dan Servis Secara Rutin



Ada beberapa komponen elektronik pada AC yang mungkin perlu penggantian meskipun belum waktunya. Oleh karena itu penting untuk melakukan servis secara rutin dengan teknisi AC. Hal ini untuk mencegah kerusakan lainnya sekaligus memastikan semuanya dapat berfungsi dengan baik. Sebaiknya jadwal pemeriksaan dan pemeliharaan AC secara rutin tiap enam bulan sekali atau ketika AC sudah terasa terganggu fungsinya.

Sementara itu, untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya bersihkan juga AC secara rutin. Bagian saluran dalam, filter, dan luar unit harus dibersihkan untuk menghindari kerusakan. Selain itu, hal ini juga akan membuat tampilan AC tetap terjaga dan meningkatkan masa pakainya. Sebaiknya gunakan teknisi AC yang sudah profesional di bidangnya. Anda bisa sekaligus melakukan pemeriksaan, pemeliharaan, dan pembersihan AC. Anda bisa temukan teknisi AC yang terpercaya, terjangkau dan profesional hanya di jasalengkap.com

Ada banyak jasa yang tersedia mulai dari jasa umum hingga digital.

0 comments

コメント


bottom of page