top of page
  • Writer's pictureAdmin

Layar IPS vs AMOLED, Apa Sih Bedanya?


Halo Sobat Jasa Lengkap!

Pernah ga sih kamu melihat-lihat spesifikasi HP lalu menemukan istilah "layar IPS" dan "layar AMOLED"? Mungkin kamu bingung apa sih bedanya antara kedua jenis layar ini. Nah untuk itu mimin rangkumkan secara singkat apa sih bedanya layar IPS dan AMOLED di HP kamu. Simak aja di bawah ini!


Pembeda Utama:

Cara layar menghasilkan layar hitam

Pada IPS LCD, warna hitam dihasilkan dengan menyalakan panel dengan warna hitam. Tapi pada AMOLED, panel akan dimatikan untuk menghasilkan warna hitam. Oleh karena itu, hitamnya AMOLED akan lebih pekat daripada hitamnya IPS.


Kontras Warna

Selain itu, panel AMOLED mampu menghasilkan warna yang lebih kontras dibanding IPS. Jadi, warna yang ditampilkan oleh layar IPS cenderung lebih pucat dibanding AMOLED.


Terus apa dong kekurangan AMOLED?

Sumber: Samsung Community

Masalah yang sering timbul di AMOLED adalah burn-in alias kecacatan layar seperti yang bisa kalian lihat di gambar. Layar AMOLED rentan meninggalkan bekas kalau digunakan secara intens dengan suhu tinggi dan waktu pemakaian yang tidak wajar. Hal ini tidak selalu terjadi kok, nyatanya banyak juga pengguna HP AMOLED yang layarnya baik-baik saja walaupun sudah digunakan lebih dari 3 tahun.

Tips agar layar AMOLED kamu tidak burn in adalah dengan menggunakan smartphone sewajarnya. Jangan gunakan secara intens dengan suhu tinggi selama 8 jam nonstop misalnya.


Nah buat kamu yang butuh servis layar HP, kamu bisa temukan jasa servis HP di Jasa Lengkap. Harga jelas, tanpa biaya layanan!

0 comments

Kommentare


bottom of page