• Admin

Mitos dan Fakta Soal Sariawan. Dari Penyebab Hingga Cara Menyembuhkan


Sumber Foto: Upper Hunt Club Dental Centre

Halo Sobat Jasa Lengkap!

Pernahkah kamu mendengar bahwa sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C? Atau mungkin kamu pernah mendengar sariawan disebabkan oleh kebanyakan makan pedas. Apakah kamu sudah yakin kebenarannya? Hmmm kita konfirmasi deh mitos atau faktanya di sini. Simak aja 4 mitos dan fakta yang udah mimin rangkum soal sariawan berikut ini.


1) Makan Pedes Bisa Bikin Sariawan

Ah masa sih? Cabe yang terkandung dalam makanan pedas mengandung capcaisin yang justru bisa mencegah sariawan lho. Soalnya capcaisin dapat mengubah keasaman pada mulut kamu sehingga bakteri penyebab sariawan bisa mati. Jadi yang ini MITOS ya.


2) Gara-gara Kekurangan Vit. C

Justru sariawan bisa disebabkan kelebihan vitamin C. Kekurangan vitamin C bukan menyebabkan sariawan, melainkan radang gusi. Oleh karenanya, batasi konsumsi vitamin C agar tidak lebih dari 40 mg/hari. Jadi yang ini lagi-lagi MITOS.


3) Bisa Disembuhkan Pakai Es Batu

Hmmm sebetulnya kurang tepat sih kalau dibilang es batu bisa menyembuhkan sariawan. Yang benar adalah es batu mengurangi nyeri sariawan, tapi tidak menyembuhkan. Caranya, kamu bisa mengkompres sariawan dengan es batu yang dilapisi dengan kain tipis.


4) Disebabkan oleh Menurunnya Kekebalan Tubuh

Ya, daya tahan tubuh yang menurun bisa meningkatkan kemungkinan sariawan. Zat yang dibutuhkan tubuh seperti asam folat, zinc, dan B12 harus terpenuhi dalam jumlah yang cukup biar kamu engga gampang sariawan. Jadi yang ini FAKTA ya


Jadi bagaimana? Sudah lurus ya pemahaman soal sariawannya. Jangan terjebak sama mitos lagi!

0 comments