top of page
  • Writer's pictureAdmin

Pilih Laptop atau Komputer (PC Desktop) aja? Simak Artikel Berikut Deh!


Halo sobat Jasa Lengkap!

Kebutuhan sama device sejenis laptop semakin meningkat di masa pandemi begini. Makin banyak pilihan dan model yang disediakan oleh brand-brand besar. Dari yang layar sentuh, hingga layar putar semua ada. Namun, beberapa dari kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak mau membawa laptop ke mana-mana dan berpikir bahwa PC Desktoplah yang terbaik. Buat kamu yang bingung mau pilih laptop atau komputer aja, nih mimin kasih beberapa bahan pertimbangan ya.


1) Laptop bisa dibawa ke mana-mana, PC Desktop tidak

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah kamu bisa membawa laptop ke mana-mana, tapi tidak bisa membawa PC desktop ke mana-mana. Kalau kamu adalah seseorang dengan mobilitas tinggi, lebih baik pilih laptop aja deh. Tapi kalau kamu kerja di satu tempat terus, mungkin PC Desktop bisa menjadi pilihan.


2) PC Desktop bisa jadi lebih murah dari laptop

Untuk performa dan fitur yang sama, PC desktop bisa jadi lebih murah daripada laptop, apalagi kalau kamu merakit PC sendiri. Namun tentu memilih komponen PC yang sesuai dan merakitnya sendiri membutuhkan pembelajaran terlebih dahulu. Tidak sulit kok, kamu bisa mencarinya di Youtube.


3) PC Desktop bisa jadi lebih boros listrik dibanding laptop

Mengingat laptop didesain untuk menjadi benda portable yang mudah digunakan kapanpun dan dimanapun, wajar saja jika laptop didesain untuk lebih hemat daya. Sebaliknya, PC Desktop didesain untuk kamu yang butuh performa terbaik. Oleh karenanya, konsumsi listrik PC Desktop bisa jadi lebih boros dibanding laptop.


4) Upgrade komponen PC lebih gampang, laptop lebih sulit

Pada PC Desktop, upgrade komponen bukanlah perkara yang sulit. Cukup cari saja komponen yang diperlukan dan pastikan komponen tersebut sesuai dengan spesifikasi motherboard kamu, maka kamu tinggal ganti saja. Hal ini berbeda dengan laptop. Terkadang, proses membuka casingnya saja sudah sulit. Selain itu, komponen yang bisa ditambahkan pun terbatas, tergantung pada apa saja slot yang disediakan oleh manufacturernya.


5) Upgrade komponen PC bisa jadi lebih murah dibanding laptop

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah upgrade komponen PC bisa jadi lebih murah dibanding laptop. Misalnya, kalau kamu harus mengganti layar yang rusak, pada laptop kamu hanya dapat menggantinya dengan layar resmi dengan harga jutaan, terlebih jika layarnya berupa touchscreen. Namun, pada PC, kamu bisa gunakan monitor murah terlebih dahulu kalau-kalau tabunganmu belum cukup untuk menggantinya dengan monitor mahal dan bagus.


Demikian hal-hal yang perlu jadi pertimbangan kamu dalam memilih antara laptop atau PC desktop. Kalau kamu adalah orang yang mobilitasnya tinggi, mimin sarankan kamu memilih laptop saja. Tapi kalau kamu hanya bekerja dari satu tempat yang tetap (misal rumah) dan membutuhkan performa terbaik dengan harga lebih murah, mimin sarankan kamu pakai PC Desktop aja.


Kalau butuh bantuan soal per-PC-an dan perlaptopan, cari aja teknisi berpengalaman di Jasa Lengkap. Harga jelas, terhubung langsung dengan penyedia, tanpa biaya layanan.

0 comments
bottom of page