• Admin

Rekomendasi Skills yang Bisa Kamu Pelajari di Tahun Baru


Halo sobat Jasa Lengkap!

Menyambut tahun baru, biasanya orang-orang suka banget bikin rencana-rencana tertentu. Ada yang berencana mau liburan ke Korea Utara, ada yang berencana mau buka bisnis baru, dan ada juga yang berencana untuk belajar sesuatu yang baru. Nah, buat kamu yang pengen belajar sesuatu yang baru, mimin punya rekomendasi nih skills-skills yang cocok banget buat dikuasai di tahun yang baru. Penasaran? Yuk cek di sini!


1) Belajar Bahasa Baru

Dengan semakin terbukanya pasar di Indonesia, adalah wajib bagi kamu untuk bisa menguasai paling tidak bahasa Inggris. Oleh karena itu, mimin saranin kamu untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lain di tahun yang baru supaya kamu tetap bisa bersaing di dunia kerja. Belajar bahasa sendiri bisa dikatakan tidak membutuhkan waktu terlalu lama asalkan kamu sering mempraktikkannya dan rutin belajar setiap hari.


2. Belajar Coding

Menyambut era revolusi industri 4.0 dan juga menyambut zaman di mana produk berbasis IT akan menjadi andalan semua lapisan masyarakat, mimin rasa kemampuan ngoding sudah harus menjadi kemampuan wajib yang kamu miliki nih. Nah, buat kamu yang mau belajar ngoding, kamu harus tahu dulu nih tujuan kamu untuk ngoding apa. Apakah untuk jadi data scientist? Apakah untuk jadi web programmer? Atau untuk hal lain? Tiap tujuan punya dasar materi dan konsep yang berbeda. Jadi, tetapkan dulu tujuanmu ya sebelum belajar coding.


3. Belajar Desain

Selain belajar coding, kamu juga bisa belajar desain sobat Jasa Lengkap. Kalau coding membutuhkan logika yang tinggi, belajar desain butuh sense seni yang tinggi. Oh iya, sebelum belajar desain, tetapkan juga ya apa tujuanmu. Apakah untuk edit foto? Untuk membuat karya grafis seperti banner, poster, dan sejenisnya? Apakah untuk membuat ilustrasi? Edit video? Tiap tujuan membutuhkan persiapan yang berbeda nih sobat Jasa Lengkap, seperti pada coding juga.

Satu lagi, pastikan juga komputer yang kamu gunakan untuk desain mendukung ya. Komputer untuk edit video tentunya membutuhkan specs yang lebih tinggi nih daripada untuk edit foto. Jadi, sesuaikan juga tujuan belajar desainmu dengan specs komputermu ya.


4. Belajar Komunikasi

Hah komunikasi? Kan tinggal ngebacot aja.

Eits, jangan salah ya sobat Jasa Lengkap. Komunikasi itu tidak mudah loh! Kamu harus memastikan bagaimana pendengar bisa tertarik mendengarmu dan bagaimana caranya supaya materimu menghipnotis setiap pendengarmu. Selain itu, kamu harus bisa mengatasi ambiguitas dan mengatasi kegugupan yang menyertai saat harus bicara di depan umum. Nah, kalau kamu merasa harus bisa berkomunikasi dengan baik, mimin saranin kamu ambil course-course komunikasi atau baca buku yang terkait ya!

Skill komunikasi tidak hanya penting untuk bicara di depan umum saja sobat Jasa Lengkap, tetapi juga berguna untuk komunikasi antar-personal juga. Hal ini bisa berguna untuk negosiasi dan meyakinkan lawan bicaramu. Jadi, jangan anggap remeh skill ini ya!


Gimana sobat Jasa Lengkap? Sudah punya rencana mau belajar apa di tahun baru ini? Selalu konsisten dalam menuntut ilmu ya supaya kamu memperoleh hasil yang gemilang. Selamat menyambut tahun baru!

0 comments