top of page

Simak! Ini Manfaat Hipnoterapi untuk Kesehatan


Hipnoterapi memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan mental. Hipnoterapi sendiri berasal dari dua kata dasar, yaitu "hipnosis" dan "terapi". Secara arti, hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam kondisi tertidur lelap atau hipnosis. Banyak manfaat dari hipnoterapi yang perlu kamu ketahui.


1. Mengatasi keluhan sulit tidur

Kesulitan tidur atau insomnia sangatlah menghanggu. Beberapa kasus sulit tidur dapat membaik dengan konsumsi obat tidur, tapi cara ini dapat menyebabkan ketergantungan. Menurut laporan jurnal Complementary Therapies in Medicine tahun 2015 membuktikan bahwa hipnoterapi bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Hipnoterapi dapat merelaksasi tubuh dan menghilangkan pikiran-pikiran yang menghalangi kamu untuk tidur nyenyak.


2. Mengurangi gangguan cemas

Gangguan cemas berlebih terjadi ketika seseorang memiliki ketakutan yang konstan terhadap berbagai hal. Rasa cemas atau takut muncul karena otak salah menganggap satu hal sebagai hal yang menyeramkan. Akibatnya, tubuh mengalami reaksi stres yang sebenarnya tidak diperlukan. Pada tulisan berjudul "The Effectiveness of Hypnotherapy in Reducing Stress Levels" dalam jurnal Addictive Disorders & Their Treatment tahun 2018 mengatakan bahwa kadar hormon stres dalam otak menurun setelah melewati sesi hipnoterapi. Kemudian laporan dalam Journal of Maternal and Child Health tahun 2020 menerangkan bahwa hipnoterapi bisa mereset ulang otak secara alam bawah sadar supaya melihat suatu hal dari sisi yang lebih positif. Hal ini menunjukkan jika hipnoterapi dapat mengurangi stres dan gangguan cemas


3. Menanggulangi stres pasca trauma

Peristiwa yang traumatis dapat memicu rasa stres (contohnya korban bencana alam, pemerkosaan atau setelah kecelakaan). Tak jarang rasa stres ini sampai terbawa pada mimpi atau kilas balik yang mengingatkan pada peristiwa traumatis. Hipnoterapi dapat menjadi salah satu solusi untuk meredakan rasa takut pasca trauma. Sebuah laporan dalam Indonesian Journal of Nursing and Midwifery tahun 2019 menjelaskan jika hipnoterapi membuat pikiran menjadi rileks, sehingga seseorang dapat lebih terbuka menerima sugesti positif.


4. Membantu berhenti dari gejala kecanduan

Masalah utama pada kasus ketergantungan zat adalah sistem otak yang "terbiasa" memperoleh sensasi menyenangkan setelah penggunaan zat. Dilansir Buku Ajar Psikiatri terbitan FKUI, otak akan memberikan respons berlebihan jika zat tersebut dicoba dihentikan langsung. Kondisi ini yang disebut sebagai gejala ketergantungan (withdrawal). Selain itu, terdapat beberapa bukti ilmiah yang menegaskan manfaat hipnoterapi dalam memutus rantai ketergantungan zat. Misalnya dalam jurnal Holistic Nursing and Health Science yang dipublikasikan tahun 2018. Menurut jurnal tersebut, hipnoterapi yang disertai manuver pijat pada area spesifik dapat mengirimkan sugesti ke dalam alam bawah sadar pecandu rokok. Sugesti ini dapat memberikan dorongan kuat bagi otak seseorang untuk berhenti menggunakan zat-zat yang memicu ketergantungan.


Setelah mengetahui manfaat tersebut, apakah kamu berminat melakukan hipnoterapi? Jika iya, maka kamu perlu ahli yang profesional. Kamu bisa temukan ahli hipnoterapi yang profesional di jasalengkap.com

Selain itu, kamu juga bisa temukan berbagai jasa mulai dari jasa umum hingga digital.



0 comments

コメント


bottom of page