top of page

Strategi Memasarkan Produk di Marketplace



Di era digital ini, mempromosikan produk secara online menjadi keharusan bagi setiap pemilik bisnis atau usaha. Apalagi saat ini banyak yang lebih memilih belanja online karena beberapa alasan. Misalnya, kemudahan pembayaran, tidak menghabiskan tenaga, dan berbagai alasan lainnya. Oleh karena itu, para pemilik bisnis atau usaha perlu terjun ke dunia bisnis online. Salah satunya yaitu dengan membuat toko online di marketplace. Namun, perlu diketahui ada beberapa strategi sebelum memasarkan produk di marketplace. Berikut tipsnya.


1. Pilih Marketplace Ternama dan Terpercaya

Banyak marketplace ternama seperti Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, Akulaku, dll. Marketplace tersebut sudah dipercaya oleh banyak pelanggan. Hal ini terbukti dari banyaknya penjualan di marketplace tersebut dan berbagai ulasan positif. Bagi para pemilik usaha atau bisnis, sebaiknya gunakan marketplace tersebut atau setidaknya yang sudah banyak dipercaya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa aman saat berbelanja. Keuntungan lainnya adalah terkadang beberapa marketplace mengiklankan di TV sehingga mudah dikenal.

2. Buatlah Toko Online di Banyak Marketplace

Selain memilih marketplace yang ternama dan terpercaya, pemilik bisnis/usaha juga perlu membuat banyak toko online di berbagai marketplace. Tujuannya tak lain untuk menjaring lebih banyak konsumen. Terlebih keuntungan dari tiap marketplace berbeda-beda. Ada yang lebih menguntungkan, ada juga yang sebaliknya atau lebih sedikit.


3. Jual dengan Harga Promo

Menjual dengan harga miring dan promo tentu akan lebih menarik minat konsumen. Jika menjual dengan harga miring tanpa embel-embel promo, bahkan harga yang jauh dari pasaran meskipun barang yang dijual asli dan bertujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan, konsumen tidak akan datang. Hal ini karena konsumen ragu dengan kualitas barang yang dijual lebih murah jauh dibawah toko yang lain. Oleh karena itu jual produk dengan harga promo untuk menarik minat konsumen tanpa meninggalkan rasa ragu saat akan membelinya.

4. Tambahkan Gambar dan Testimoni

Selain menjual dengan harga promo, menambahkan gambar dan testimoni juga akan menarik konsumen. Terkadang beberapa konsumen melihat gambar dan testimoni sebagai bahan pertimbangan untuk membeli suatu produk. Letakkan gambar dan testimoni yang akan mendukung produk anda sehingga konsumen menjadi lebih percaya pada produk serta pelayanan anda.


5. Tanggapi Konsumen dengan Ramah

Selain kualitas produk, pelayanan juga sangat penting. Tanggapi pertanyaan dan keluhan konsumen dengan ramah. Cara itu dapat meninggalkan kesan sendiri di hati konsumen. Pelayanan yang ramah akan membuat konsumen tersebut merasa aman dan nyaman. Selain itu, perlu juga sikap profesional saat melayani konsumen.

Itu dia strategi memasarkan produk di marketplace. Selain strategi yang jitu, perlu juga seseorang yang andal dalam mengelola marketplace. Biasanya ini dikelola oleh admin marketplace. Tujuannya supaya toko online-mu terkendali dan memenuhi target penjualan. Jika anda butuh jasa admin marketplace, jasalengkap.com menyediakan juga yang pastinya terjangkau dan profesional. Selain itu, banyak juga jasa yang tersedia disini mulai dari jasa umum hingga digital.

0 comments

Comments


bottom of page