• Admin

Tips Menanggapi Berita Terorisme Dengan Bijak


Halo sobat Jasa Lengkap!

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan teror bom bunuh diri yang menimpa jemaat Gereja Katedral Makassar. Berbagai media terus-menerus memberitakan kasus ini mengingat potensi bahaya yang dibawanya terhadap keamanan nasional. Tak hanya media resmi saja, media-media dengan kredibilitas yang dipertanyakan juga ikut memberitakan kejadian ini.

Tak jarang, berita-berita yang beredar di media sosial tersebut malah meresahkan dan justru membantu tujuan teroris untuk menebar ketakutan. Sebagai netizen yang bijak, kamu harus bisa menanggapi berita terorisme dengan baik. Apa saja tips untuk menanggapi berita terorisme dengan baik? Yuk disimak aja!


1) Hanya sebar berita yang terkonfirmasi

Pastikan kamu hanya menyebar berita dari sumber yang jelas dan kredibel ya. Jangan sampai kamu menyebar berita yang berasal dari akun-akun tidak jelas atau mengandung hoaks/misinformasi. Menyebar hoaks sama saja dengan membantu tujuan teroris untuk mengaburkan suasana dan mengacaukan keamanan negara.


2) Jangan sebarkan informasi yang terlalu sensitif

Setiap ada tragedi, selalu saja ada akun-akun yang menyebarkan informasi sensitif seperti identitas korban dan pelaku, wajah korban, tangisan korban, atau bahkan potongan tubuh dan darah di TKP. Jangan sebarkan informasi seperti ini ya. Ingat perasaan korban yang sedang berduka. Tentu kamu tidak tega kan kalau seandainya keluargamu sendiri yang menjadi korban lalu foto potongan tubuhnya disebarkan ke mana-mana?


3) Jangan sebar berita dengan kata-kata memprovokasi

Hal terpenting lainnya adalah jangan menyebar berita yang memprovokasi. Ingat, salah satu tujuan teroris adalah mengadu domba kerukunan masyarakat Indonesia. Alangkah baiknya jika kita tetap menjaga kedamaian dan keharmonisan umat beragama di Indonesia untuk melawan terorisme. Jadi, jangan sebarkan berita yang memprovokasi ya. Lebih baik laporkan saja!


4) Jangan menuduh satu golongan secara sembarangan

Mengingat teror ada untuk mengadu domba, maka untuk menangkalnya adalah jangan sampai kita dengan mudahnya menuduh satu golongan secara sembarangan. Untuk mengetahui pelaku terorisme, kepolisian dan aparat yang berwenang memiliki metode yang bisa dipertanggungjawabkan. Lebih baik percayakan semua proses pengusutan pelaku dan dalangnya kepada aparat berwenang.


Demikian tips bijak bermedia sosial dalam menanggapi kasus terorisme (dan kasus apapun itu). Jadilah pengguna internet yang bijak ya sobat Jasa Lengkap!

0 comments