• Admin

Tips Menghindari Mata Minus


Halo sobat Jasa Lengkap!

Mata minus atau yang biasa disebut miopia dalam artikel ilmiah adalah keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan untuk melihat objek pada jarak jauh sehingga objek tampak buram atau kurang jelas. Miopia terjadi ketika kornea mata menebal sehingga pantulan bayangan objek tidak fokus di retina, tetapi jatuh di depannya. Sebanyak 17 persen anak Indonesia menderita gangguan mata ini lho. Nah supaya kamu atau anak kamu terhindar dari gangguan ini, berikut tips menghindari rabun jauh dari mimin Jasa Lengkap.


1) Konsumsi sayur dan buah kaya vitamin A

Seperti yang kita semua tahu, vitamin A sangat berperan dalam menjaga kesehatan organ penglihatan kita. Vitamin A ini dapat kita temukan dalam buah dan sayur berikut: mangga, pepaya, wortel, jeruk bali, semangka, jambu biji, apel, ubi jalar, bayam, paprika merah, daun selada, dll.


2) Membaca di tempat terang dengan posisi yang baik

Tips berikutnya adalah dengan membiasakan membaca di tempat terang. Membaca di tempat terang membuat mata kamu tidak bekerja terlalu keras untuk fokus. Apabila dikombinasikan dengan sikap duduk yang baik serta jarak mata ke bacaan melebihi 30 cm, maka mata kamu tidak akan bekerja terlalu berat dan terhindar dari risiko rabun jauh.


3) Batasi Menatap Layar Elektronik

Tidak hanya membaca saja nih yang perlu diperhatikan, kebiasaan menatap layar elektronik juga penting untuk diperhatikan. Saat bermain gadget, pastikan tingkat kecerahan layar tidak terlalu redup dan juga tidak terlalu terang ya, alias ngepas aja. Kalau kamu bekerja dengan komputer atau laptop, pastikan posisi duduk kamu tegak dengan jarak pandang yang tetap dijaga ya. Kamu juga bisa memilih monitor komputer dengan harga lebih mahal, karena biasanya memiliki teknologi yang mampu melindungi mata.


4) Periksakan mata secara rutin

Memeriksakan mata juga penting loh. Hal ini berguna untuk mengetahui bagaimana keadaan mata kamu. Apabila terdapat masalah pada mata maka kamu dapat segera diobati setelah diketahui.


5) Selalu pastikan kamu melihat dunia luar setiap hari

Terkhusus buat kamu yang seharian kerja, kuliah, atau sekolah di depan layar, selalu luangkan waktu untuk melihat dunia luar ya, terutama melihat yang hijau-hijau (pohon, bukan duit). Kamu bisa terapkan kebiasaan 20-20, yaitu setelah 20 menit melihat layar, luangkan waktu 20 detik melihat dunia luar lewat jendela. Hal ini berguna untuk memberi matamu waktu beristirahat dari lelahnya menatap layar elektronik


Demikian tips dari mimin untuk mengatasi rabun jauh. Jangan lupa, kalau butuh jasa, cari aja di Jasa Lengkap! Harga jelas, terhubung langsung dengan penyedia, tanpa biaya layanan.

0 comments