top of page

Tips Menjaga Kebersihan Kamar

Kamar tidur merupakan bagian paling privat di rumah sekaligus spot favorit di rumah. Apalagi ruangan ini berfungsi sebagai tempat istirahat ketika tubuh mulai lelah. Mengingat fungsinya tersebut, maka sudah seharusnya kebersihan kamar jadi hal yang kita perhatikan. Tujuannya tak lain supaya diri merasa nyaman saat berada di kamar. Namun, sayangnya banyak orang yang masih malas atau mager (malas gerak) ketika hendak membersihkan kamar. Padahal menjaga kebersihan kamar tidaklah sulit. Berikut tips membersihkan kamar yang mudah dan efektif.


1. Singkirkan Barang-Barang yang Tidak Diperlukan



Saat beraktivitas di kamar seperti mengerjakan tugas atau sekadar rebahan, tak jarang tanpa sadar kita sering meletakkan barang sembarang dan tidak pada tempatnya. Hal inilah yang membuat kamar menjadi berantakan. Meskipun kamar mempunyai ukuran yang luas, tetapi akan tampak sempit apabila banyak barang-barang yang berserakan. Jika sudah begitu, sebaiknya pilah barang-barang yang ingin disingkirkan supaya tidak memenuhi kamar. Sediakan juga tempat penyimpanan yang memadai sehingga barang-barang penting yang kamu butuhkan tertata rapi dan mudah ditemukan.

2. Sediakan Tempat Pakaian Kotor dan Sampah



Meskipun terlihat sederhana, tapi menyediakan tempat pakaian kotor dan tempat sampah juga akan berpengaruh pada kebersihan kamar. Apalagi bagi yang betah mengerjakan tugas di kamar, setidaknya tidak perlu keluar kamar hanya untuk membuang sampah. Begitu pula dengan tempat pakaian kotor yang akan membuat kamar lebih rapi daripada harus melihat pakaian yang banyak tergantung di balik pintu. Namun, jangan lupa juga untuk segera membuang tempat sampah yang sudah kotor ke tempat sampah utama serta mencuci pakaian yang sudah menumpuk di tempat pakaian kotor.

3. Rapikan Tempat Tidur Setelah Bangun Pagi



Setelah bangun tidur mungkin masih ada rasa kantuk. Namun, tak ada salahnya untuk merapikan tempat tidur setelah bangun pagi. Kebiasaan ini akan memotivasi kamu melakukan kegiatan pembersihan lainnya sekaligus membuat pagimu jadi lebih bersemangat.

4. Buka Ventilasi Secara Rutin



Pergantian udara membuat suasana jadi lebih segar. Kamu bisa secara rutin membuka ventilasi kamar supaya udara di dalamnya tidak terasa pengap. Hal ini juga dapat mencegah kamar jadi lembap dan berjamur.


5. Bersihkan Kamar Secara Teratur



Menjaga kebersihan kamar merupakan tanggung jawab masing-masing. Namun, seringkali rasa malas datang ketika hendak membersihkan kamar. Padahal bersih-bersih kamar bukanlah hal berat asalkan mau membiasakan diri. Mulailah dengan menyapu lantai atau mengelap furnitur yang ada di kamar tidur setiap hari. Selanjutnya, pel lantai tiga sampai seminggu sekali. Ganti juga seprai hingga sarung bantal secara rutin. Tidak lupa, bersihkan kasur supaya terbebas dari jamur, bakteri, hingga tungau. Dengan begitu, kamar jadi bersih dan sehat.


Cukup mudah bukan beberapa tips menjaga kebersihan di kamar untuk dilakukan? Namun, kalau kamu sudah terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk membersihkan kamar, kamu bisa gunakan jasa cleaning service dari jasalengkap.com

Selain jasa tersebut, kamu juga bisa temukan jasa lainnya mulai dari umum hingga digital.

0 comments

Comments


bottom of page