top of page

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Supaya Bebas Tungau



Bersantai di kamar setelah lelah beraktivitas memang jadi pilihan menyenangkan untuk mengembalikan semangat dan energi. Oleh karena itu kebersihan kamar perlu dijaga agar nyaman ketika berada di sana. Apalagi iklim Indonesia yang cenderung panas dan lembap membuat lembap dan tak jarang menjadi sarang berkembang biak bakteri. Jika kamar tak dijaga kebersihannya, maka semakin rentan terhadap tungau, debu, dan serangga yang dapat menyebabkan alergi kulit, gatal, bahkan asma. Nah, berikut ini tips menjaga kebersihan kamar supaya bebas tungau.


1. Jaga tingkat kelembapan

Tungau debu dan nyamuk menyukai lingkungan yang lembap. Lingkungan dengan kelembapan tinggi akan membuat debu dan bakteri mudah berkembang biak.

Oleh karena itu, penting menjaga tingkat kelembapan dalam ruangan agar tetap kering. Kamu bisa menggunakan dehumidifier dan bahan penyerap kelembaban untuk menjaga kelembaban dalam ruangan di bawah 55 persen.

2. Ganti alas tidur setiap dua minggu

Seprai, quilt cover, dan sarung bantal, sering bersentuhan dengan kulit kita bahkan keringat dan air liur tak menutup kemungkinan mengenai barang-barang ini. Jika dibiarkan terus-menerus maka barang tersebut akan lembap dan tidak nyaman ketika dipakai. Sebaiknya rajin mengecek tempat tidur dan ganti seprai dua minggu sekali. Bisa juga cuci seprai dengan suhu minimal 60 derajat untuk membunuh tungau, debu, dan mencegah perkembangbiakan telur.

4. Jemur kasur

Jemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu, kamu bisa menyedot debu, tungau yang sudah mati, sisa telur tungau, dan kotoran dengan penyedot debu atau bisa juga selagi dijemur pukul-pukul kasur dengan tongkat.

5. Gunakan pelindung kasur tahan air pada kasur

Menggunakan penutup pelindung tahan air pada kasur merupakan solusi yang efektif dan mudah untuk menjaganya tetap bersih.

Ada beberapa tutup pelindung di pasaran untuk mencegah kutu dan tungau. Lapisan ini juga berguna saat kamu memiliki balita yang sering mengompol atau muntah di atas kasur. Gunakan seprai setelahnya agar kasur terlihat rapi dan indah.


6. Bersihkan bagian yang kotor

Jika ada bagian tertentu kasur yang kotor, kamu bisa menggunakan baking powder, cuka, dan pasta gigi untuk membersihkan noda. Namun, jangan sampai kasur menjadi terlalu basah. Jika tidak, akan sulit untuk benar-benar kering. Setelah bersih, segera keringkan bagian yang kamu bersihkan dengan pengering rambut hingga benar-benar kering.

Cara di atas bisa kamu terapkan untuk menjaga kebersihan kamar sekaligus menghindari resiko tungau dan debu. Kamu juga bisa pakai jasa membersihkan tungau dari jasalengkap.com yang terjangkau. Selain itu, kamu bisa temukan jasa lainnya mukai dari jasa umum hingga digital.

0 comments

Commenti


bottom of page