top of page
  • Writer's pictureAdmin

5 Website Terbaik untuk Mencari Ilustrasi Gratis


Halo Sobat Jasa Lengkap!

Buat kamu para desainer grafis, pasti kamu pernah mendapat permintaan desain yang mengharuskan kamu untuk mengambil grafis dari sumber lain. Terkadang, beberapa desainer grafis langsung mencari gambar yang diperlukan di Google Images. Nah, mimin mau kasih tahu nih kalau sebenarnya enggak semua gambar yang ada di Google Images boleh dipakai. Soalnya, ada beberapa gambar yang memiliki hak cipta. Kalau kamu menggunakan gambar yang memiliki hak cipta tanpa izin pemiliknya, kamu bisa diperkarakan secara hukum loh!

Waduh, jadi harus cari grafis di mana dong kalau gitu?

Tidak perlu risau sobat Jasa Lengkap. Ada banyak kok website yang menyediakan resource gratis yang bebas dipakai di manapun. Penasaran dengan listnya? Nih, mimin kasih 5 rekomendasi website terbaik untuk mencari resource gratis.


1) Pixabay

Yang pertama ada pixabay. Di website ini, semua resource grafis yang disediakan 100% gratis dan boleh digunakan untuk keperluan pribadi maupun komersial. Kamu juga tidak wajib menyertakan atribusi kepada kreatornya. Pixabay sih menyarankan kamu untuk tetap menyertakan atribusi sebagai bentuk menghargai kreatornya. Kekurangan dari website ini adalah seringkali resource grafis yang tersedia punya corak desain yang jadul banget. Tapi walaupun begitu, tetap banyak juga kok resource grafis yang modern dan kekinian.


2) Unsplash

Berikutnya, ada Unsplash. Website ini seperti Pixabay juga, 100% gratis dan bebas digunakan untuk kepentingan apapun. Kamu juga tidak wajib menyertakan atribusi kepada kreator (meskipun disarankan). Hanya saja, website Unsplash lebih khusus memuat foto-foto saja dibanding pixabay yang memuat segala jenis dari icon, karikatur, dll. Oh iya, perbedaan lain dari pixabay adalah koleksi Unsplash hampir semuanya kekinian dan modern. Website ini cocok banget kalau kamu mau mencari ilustrasi berbentuk foto.


3) Flaticon

Di urutan selanjutnya, mimin rekomendasiin Flaticon. Di website ini, kamu bisa nemuin icon-icon bergaya flat design dengan resolusi tinggi dan tentunya gratis. Kamu juga bisa mengcustom icon yang akan didownload, apakah ingin hitam-putih atau berwarna. Sayangnya nih, website ini tidak 100% gratis. Ada beberapa icon yang harus kamu bayar untuk dapat didownload. Selain itu, kamu tidak boleh menggunakan icon dari sini untuk kepentingan komersial, kecuali kamu memiliki akun premium (alias: bayar dulu bos). Kamu juga diharuskan memberikan atribusi di setiap karya grafis yang menggunakan icon dari website ini.



4. Freepik

Freepik! Mimin yakin website ini sudah tersohor banget di kalangan desainer, dan mungkin kamu juga sudah tahu. Nah, website ini punya ketentuan seperti flaticon, yaitu kamu tidak bisa bebas menggunakan semua resource yang ada kecuali untuk keperluan pribadi atau kalau kamu punya akun premium. Tidak hanya itu, kamu juga harus memberikan atribusi kalau kamu tidak pakai akun premium.

Di samping ketentuannya itu, freepik punya koleksi resource yang banyak banget dan bermacam-macam. Dari foto, vector, icon, dan berbagai bentuk lainnya ada semua di sini. Nah, kalau kamu bekerja sebagai desainer grafis, mimin saranin untuk punya akun premium di sini sih biar memudahkan pekerjaan kamu.


5) Vecteezy

Di urutan terakhir, ada Vecteezy. Website ini mirip sekali seperti Freepik, hanya saja dikhususkan untuk vector buat kamu yang pakai Adobe Illustrator dan Corel Draw. Website ini juga menyediakan foto dan video. Tapi, layanan koleksi vectornya lebih banyak dan populer dibanding kedua hal tadi. Ketentuan pemakaian resource dari website ini tidak jauh berbeda juga dari Freepik.


Bagaimana Sobat Jasa Lengkap? Sudah tidak akan sembarang ambil dari Google lagi kan? Selalu hati-hati dengan resource grafis yang kamu ambil ya, karena beberapa karya grafis memiliki hak cipta sehingga kamu tidak boleh mengambil dan menggunakannya sesuka hati tanpa izin. Biar lebih aman, comot grafis dari lima website di atas aja ya! Tapi perhatikan juga ketentuan penggunaan grafisnya.

Kalau artikel ini membantu, kamu boleh banget bagikan kepada teman-temanmu. Jangan lupa juga tawarkan jasa desain grafismu di Jasa Lengkap ya! Karena hanya di Jasa Lengkap tidak ada biaya layanan dan kamu langsung terhubung dengan customer kamu!

0 comments

Comments


bottom of page