top of page
  • Writer's pictureAdmin

Tips Belajar Bahasa Asing Baru Secara Otodidak dan Cepat


Halo sobat Jasa Lengkap!

Kamu suka nonton drama Korea? Atau suka ngikutin film Thailand? Mungkin terpikir bagimu bagaimana caranya agar bisa berbahasa Korea, Thailand, Inggris, dan bahasa asing lain supaya bisa nonton film asing tanpa subtitle, hehe. Atau mungkin motivasimu berbeda, kamu ingin bekerja atau belajar di luar negeri dan memutuskan untuk belajar bahasa baru. Sayangnya, belajar bahasa baru memang sulit dan tak jarang seseorang bisa menyerah di tengah jalan.

Oleh karena itu, biar kamu bisa belajar bahasa asing dengan efektif dan cepat, bahkan secara otodidak, minja (alias mimin Jasa Lengkap, bukan motornya K*wa*aki) punya beberapa tips menarik. Yuk disimak!


1) Biasakan diri dulu dengan penulisan dan cara bacanya

Tak semua bahasa di dunia menggunakan huruf alfabet seperti kita. Bahasa seperti Korea, Rusia, Jepang, atau Yunani punya sistem penulisannya tersendiri. Bahkan China punya huruf yang berbeda untuk setiap kata yang ada! Oleh karenanya, penting banget bagimu untuk membiasakan diri dulu dengan sistem penulisannya. Pastikan dirimu lancar dulu yaa untuk membaca dan menulis dalam aksara lain.


Bagaimana jika bahasa yang ingin dikuasai juga sama-sama menggunakan alfabet? Patut kamu ketahui juga bahwa cara membacanya pun juga bisa saja berbeda, seperti bagaimana kita melafalkan huruf 'e' dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berbeda bukan? Oleh karenanya, di tahap awal banget biasakan diri untuk membaca dan menulis ya!


2) Kuasai istilah sehari-hari

Kalau sudah lancar membaca dan menulis, tahap berikutnya adalah menguasai istilah-istilah dasar dalam bahasa asing tsb. Misalnya, bahasa Koreanya "halo", "nama saya ...", "nice to meet you", dan lain-lain. Jangan batasi diri hanya belajar istilah yang terlalu mendasar ya, tapi coba tantang dirimu untuk mencari tahu istilah-istilah bahasa asing lain yang sering kamu jumpai. Misalnya, bahasa Rusia untuk "diskon", "toilet", dan lain-lain. Jadi, selalu jadikan kamus sebagai temanmu di tahap ini ya!


3) Praktekkan sering-sering biar engga lupa!

Yap! Namanya belajar, kadang cepat ingat tapi cepat lupa juga. Maka dari itu, biasakan dirimu untuk menggunakan ilmu yang baru kamu pelajari dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa temukan partner seperjuangan dalam belajar bareng dan ngobrol dengan bahasa campur-campur. Misalnya, "Annyeong Michiko, toilet eodi isseyeo?" (Hai michiko, toilet di mana ya?). Ga perlu malu, percaya diri aja!


Cara lainnya adalah nikmati konten hiburan yang menggunakan bahasa asing tsb. Misalnya menyaksikan drama Korea atau drama China. Lalu, identifikasi kalimat-kalimat mereka dan temukan kata-kata yang sudah kamu pelajari. Kamu juga bisa menyerap kosa kata atau idiom baru loh dengan cara ini! Asik kan?


4) Kalau niat serius, lebih baik punya mentor atau guru tersendiri!

Yap, dengan memiliki guru, progress belajar kamu bisa diukur dan dibimbing dengan lebih baik. Memang keluar modal sih, tapi ini cara terbaik bagi kamu biar bisa cepat menguasai bahasa asing.


Nah, kalau kamu butuh guru bahasa asing, kamu bisa cari di jasalengkap.com! Pasti ada guru bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea buat kamu!

0 comments
bottom of page