• Admin

Atomic Habits: Kunci Biar Produk Jasamu Menjadi Andalan Banyak Orang


Sumber gambar: jamesclear.com


Semua penyedia jasa pasti ingin produk jasanya dikenal luas, laris, dan menjadi andalan banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencapainya. Ada yang menempelkan jasanya di tiang listrik, membagi selebaran di perempatan jalan, promosi di media sosial, sampai membayar iklan di media-media tertentu. Tapi sebenarnya, efektif ga sih cara-cara itu?

Atomic Habits punya jawabannya! Buku ini sebenarnya lebih banyak membahas tentang bagaimana cara untuk melepas kebiasaan buruk dan mempertahankan kebiasaan baik melalui hal-hal kecil (atomic). Misalnya, kalau kamu ingin memiliki kebiasaan untuk fokus bekerja selama WFH tapi sering diganggu notifikasi HP, kamu bisa meletakkan HP-mu di luar ruangan kerja. Meskipun begitu, kita bisa menggunakan konsep tentang bagaimana manusia membentuk dan melepas kebiasaan untuk kita pergunakan dalam mengembangkan strategi usaha jasa kita. Yuk langsung kita simak saja di bawah ini!


The Habit Loop

Sebelum membicarakan strateginya, kamu harus tahu dulu nih tentang Habit Loop. Apa itu Habit Loop? Habit Loop adalah konsep yang dipakai oleh James untuk menjelaskan bagaimana manusia membentuk suatu kebiasaan. Prosesnya bisa digambarkan dalam ilustrasi berikut.

Biar lebih ngerti, coba kita cermati Habit Loop untuk menjelaskan bagaimana kebiasaan minum kopi di siang hari bisa terbentuk.

Nah, kesediaan pelangganmu untuk terus menggunakan produk jasamu ternyata juga mengikuti Proses Habit Loop loh! Misalnya seperti ini.

Jadi, untuk memenangkan hati pelangganmu, kamu harus bisa mengoptimalkan setiap proses dalam Habit Loop ini. Dengan begitu, pelanggan akan selalu memesan layananmu saat mereka membutuhkannya. Namun bagaimana caranya? Berikut tips untuk mengoptimalkan Habit Loop pelangganmu.