• Admin

Atomic Habits: Kunci Biar Produk Jasamu Menjadi Andalan Banyak Orang


Sumber gambar: jamesclear.com


Semua penyedia jasa pasti ingin produk jasanya dikenal luas, laris, dan menjadi andalan banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencapainya. Ada yang menempelkan jasanya di tiang listrik, membagi selebaran di perempatan jalan, promosi di media sosial, sampai membayar iklan di media-media tertentu. Tapi sebenarnya, efektif ga sih cara-cara itu?

Atomic Habits punya jawabannya! Buku ini sebenarnya lebih banyak membahas tentang bagaimana cara untuk melepas kebiasaan buruk dan mempertahankan kebiasaan baik melalui hal-hal kecil (atomic). Misalnya, kalau kamu ingin memiliki kebiasaan untuk fokus bekerja selama WFH tapi sering diganggu notifikasi HP, kamu bisa meletakkan HP-mu di luar ruangan kerja. Meskipun begitu, kita bisa menggunakan konsep tentang bagaimana manusia membentuk dan melepas kebiasaan untuk kita pergunakan dalam mengembangkan strategi usaha jasa kita. Yuk langsung kita simak saja di bawah ini!


The Habit Loop

Sebelum membicarakan strateginya, kamu harus tahu dulu nih tentang Habit Loop. Apa itu Habit Loop? Habit Loop adalah konsep yang dipakai oleh James untuk menjelaskan bagaimana manusia membentuk suatu kebiasaan. Prosesnya bisa digambarkan dalam ilustrasi berikut.

Biar lebih ngerti, coba kita cermati Habit Loop untuk menjelaskan bagaimana kebiasaan minum kopi di siang hari bisa terbentuk.

Nah, kesediaan pelangganmu untuk terus menggunakan produk jasamu ternyata juga mengikuti Proses Habit Loop loh! Misalnya seperti ini.

Jadi, untuk memenangkan hati pelangganmu, kamu harus bisa mengoptimalkan setiap proses dalam Habit Loop ini. Dengan begitu, pelanggan akan selalu memesan layananmu saat mereka membutuhkannya. Namun bagaimana caranya? Berikut tips untuk mengoptimalkan Habit Loop pelangganmu.


Mengoptimalkan Cue: Make it Obvious. Buat Jasamu Terpampang Nyata!

Di tahapan Cue, pelanggan dipicu untuk memesan jasa karena sesuatu hal terjadi, misalnya menyadari karpet di rumah kotor atau AC di kantor bocor. Supaya jasa kamu bisa menjadi pilihan, kamu harus buat jasamu terpampang nyata melalui iklan. Jasa Lengkap adalah salah satu medianya! Kamu bisa membuat jasamu dikenal banyak orang GRATIS melalui jasalengkap.com/gabung. Sebelum lanjut membaca, iklankan dulu jasamu di Jasa Lengkap ya! Kalau tidak tahu bagaimana caranya, kamu bisa buka link ini dahulu ya, sobat Jasa Lengkap!


Mengoptimalkan Craving: Make it Attractive. Tonjolkan keunggulan jasamu!

Ingat, ada banyak pesaing yang juga menawarkan jasa seperti kamu. Supaya kamu bisa dipilih oleh para pelanggan, kamu harus membuat jasamu menonjol dengan membuatnya menarik. Caranya, kamu bisa jelaskan keunggulan dari jasamu seperti pengalaman kerja, alat yang digunakan, ketepatan waktu, jaminan uang kembali jika tidak bersih, dan lain-lain.

Kamu juga bisa bermain dengan framing untuk menonjolkan jasamu. Misalnya, mengklaim sebagai tempat service TV paling tepercaya di Kota Bekasi. Selain framing, bermain dengan statistik juga bisa memberi kesan bahwa jasamu begitu luar biasa. Misalnya, mencantumkan data bahwa 85% pengguna jasa konsultan marketingmu mengalami peningkatan omset hingga 200 juta. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik dengan jasa yang kamu tawarkan. Kamu bisa tuliskan ini semua di kolom "Mengapa Saya" saat mendaftarkan jasamu ya, sobat Jasa Lengkap!

Eits, tapi jangan berlebihan dalam berjanji. Janji yang berlebihan bisa jadi malah bikin pelangganmu mudah kecewa. Kok bisa begitu? Baca terus sampai habis!


Mengoptimalkan Response: Make it Easy. Buat jasamu mudah dijangkau

Ingat, orang Indonesia enggak suka yang ribet-ribet. Supaya pelanggan mau bertransaksi dengan kamu, pastikan kamu mudah dihubungi. Buat jasamu bisa dipesan dengan mudah. Jasa Lengkap sudah memfasilitasinya lho! Kamu dan calon pelanggan tinggal chatting langsung saja via WA. Jangan lupa juga untuk selalu membalas pesan dengan cepat.


Mengoptimalkan Reward: Make it Satisfying. Puaskan pelanggan dengan pelayananmu!

Satu hal yang perlu diingat adalah pelanggan tidak menilai pelayananmu secara objektif, melainkan secara subjektif. Mereka menilai pelayananmu berdasarkan apa yang kamu janjikan kepada mereka. Kalau kamu memberi jaminan teknisi pasti tidak telat dari jadwal namun ternyata kamu terlambat memenuhi janji, sebaik apapun pelayananmu pelanggan tetap akan memiliki persepsi negatif terhadapmu karena keterlambatanmu. Inilah alasan mengapa kamu sebaiknya tidak berlebihan dalam menjanjikan benefit kepada customer.

Mengapa kepuasan pelanggan penting? Kan puas gak puas mereka tetap harus bayar? Jika Poin Make it Attractive bicara tentang bagaimana menggaet pelanggan baru agar mau memesan jasa kita, poin Make It Satisfying bicara tentang bagaimana membuat pelanggan barumu menjadi pelanggan setia. Kepuasan mereka akan menjadi penentu utama apakah mereka akan menghubungimu kembali, atau justru menjelek-jelekkan pelayananmu di kolom review Jasa Lengkap. Jadi jangan bermain-main dengan kepuasan pelangganmu ya, para penyedia jasa!


Nah bagaimana para penyedia jasa? Sudah siapkah kamu mengadopsi strategi ini untuk menggaet lebih banyak pelanggan setia? Jangan lupa bagikan kepada rekan-rekanmu ya supaya semua bisa terbantu.

0 comments