• Admin

Cara Merawat Tanaman Di Rumah Biar Subur dan Tidak Cepat Layu


Halo sobat Jasa Lengkap!

Di tengah pandemi begini, merawat tanaman jadi salah satu cara untuk melepas penat di rumah. Dari membeli benih, menyiram, memupukinya, tentu kamu merasa lebih bahagia dan puas apabila tanaman kamu tumbuh subur. Namun, kekecewaan bisa timbul saat tanaman yang sudah kamu rawat ternyata tidak tumbuh subur, layu, dan bahkan mati. Jadi bagaimana merawat tanaman biar enggak mudah layu? Simak tips berikut.


1) Siram Air Secara Tepat

Hal pertama yang jelas penting adalah menyiram tanaman 2x sehari. Siramlah pada waktu pagi dan sore pada waktu yang konsisten. Selain itu, siram juga tanaman kamu secara merata ya, alias jangan di satu titik saja. Siramlah secukupnya, jangan sampai menggenangi tanaman tapi jangan sampai juga terlalu kering.


2) Paparkan pada Sinar Matahari

Tidak hanya manusia yang butuh sinar matahari setiap harinya, tanamanmu juga. Sinar matahari tidak bisa digantikan secara 100% sempurna oleh cahaya lain untuk berfotosintesis. Namun ingat, tetap sesuaikan intensitasnya dengan jenis tanaman kamu ya.


3) Hati-hati dengan hama/penyakit

Tanaman kamu mungkin sudah disiram setiap hari dan dipaparkan dengan sinar matahari, tapi karena hama, bisa jadi tanaman kamu malah rusak. Untuk mengatasinya, kamu bisa memastikan tanah kamu tetap gembur dengan memberi pupuk alami. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memangkas rumput liar di sekitar tanamanmu ya.


4) Potong Tanaman yang Kering

Apabila ada bagian tanaman yang kering dan mati, baiknya segera potong bagian tersebut. Soalnya, kalau tidak dipotong bisa-bisa seluruh tanaman kamu jadi mati.


5) Berikan nutrisi tambahan (pupuk)

Hal penting lain adalah menambahkan pupuk pada tanaman kamu. Pupuk berfungsi untuk menutrisi tanaman kamu. Namun ingat ya, sangat disarankan untuk menggunakan pupuk alami alih-alih pupuk sintesis.


Demikian tips dari mimin. Jangan lupa bagikan kalau membantu ya. Kalau butuh jasa, cari aja di Jasa Lengkap. Harga jelas, terhubung langsung dengan penyedia, tanpa biaya layanan.

0 comments