HP Lemot? Simak Tips Mempercepat HP Lemot Berikut Ini!


Halo sobat Jasa Lengkap!

Kesel sama HP yang lemot? Tapi engga punya uang untuk ganti HP baru? Artikel ini pas banget buat kamu baca karena mimin bakal kasih kamu beberapa tips mengatasi HP lemot! Langsung disimak aja!


Penyebab HP Lemot

Sebelum masuk ke tips penyelesaiannya, kamu perlu tahu dulu dong apa sih yang menyebabkan HP kamu jadi lemot. Penyebab-penyebab utama HP lemot biasanya adalah sebagai berikut.


1) Spesifikasi ponsel sudah tidak memenuhi kebutuhan masa kini

Hal ini biasa terjadi pada ponsel keluaran lama yang masih dipakai hingga saat ini. Untuk Android sendiri, biasanya masa pakai yang layak untuk sebuah HP adalah sekitar 2 tahun untuk HP entry level, 3 tahun untuk HP mid-range, dan bisa mencapai 5 tahun untuk HP Flagship. Lebih dari itu, meskipun HP masih dalam keadaan prima, biasanya performa yang ditawarkan HP tak lagi sebanding dengan kebutuhan saat ini. Kalau sudah seperti ini, sebaiknya kamu mulai menabung untuk HP baru ya!


2) Kebanyakan aplikasi berjalan di latar belakang

Bisa jadi HP kamu masih layak pakai dan sesuai kebutuhan masa kini, tapi kamunya yang kebanyakan install aplikasi. Akibatnya, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menyiksa RAM kamu.


3) Suka "menghias" HP

Menghias di sini bukan menghias body HP ya, tetapi menghias homescreen kamu dengan aplikasi yang berat. Misalnya seperti wallpaper bergerak, widget banyak, dll.


Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan?


1) Uninstall aplikasi yang tidak penting

Hal yang pertama bisa kamu coba adalah hapus aplikasi yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, RAM HP kamu tidak terbebani


2) Uninstall aplikasi pengganggu

Coba perhatikan deh HP kamu, jangan-jangan ada banyak aplikasi pengganggu seperti antivirus tidak jelas, pembersih HP, atau lainnya. Biasanya aplikasi seperti ini mengganggu performa laptop kamu. Lebih baik hapus aja deh!


3) Kurangi Penggunaan Widget di Homescreen

Widget yang banyak di homescreen seringkali juga berkontribusi dalam membuat HP kamu lemot. Oleh karenanya, batasi widget penting saja ya.


4) Hindari wallpaper beranimasi

Selain widget, wallpaper beranimasi juga berkontribusi banget bikin HP kamu lemot. Lebih baik gunakan wallpaper statis saja ya.


5) Factory Reset

Factory reset memang jalan terakhir dan tidak menyenangkan, tapi ini cara paling ampuh membuat HP-mu seperti baru lagi dan tidak lemot. Sebelum melakukannya, jangan lupa backup data kamu di tempat yang aman ya, seperti di laptop atau di online storage.


Bagaimana? Sudah mengikuti tips di atas? Kalau HP kamu masih lemot, mending bawa aja deh ke tempat service HP tepercaya. Cari aja di Jasa Lengkap! Harga jelas, terhubung langsung dengan penyedia, tanpa biaya layanan.

0 comments

Recent Posts

See All