• Admin

Ini Dia Skill Ngobrol yang Wajib Kamu Pahami Betul!


Halo sobat Jasa Lengkap!

Pernah ga sih kamu ngerasa kalau obrolan kamu kaku, membosankan, dan kurang asik sampai-sampai orang lain jadi males? Meskipun ngobrol sebenernya skill alami setiap manusia, tapi nyatanya ada aja lho orang-orang yang kurang jago dalam bicara. Kalau sudah begini, kamu wajib tahu skill ngobrol yang wajib kamu pahami berikut ini!


1) Kamu harus bisa dengerin orang lain!

"Loh kan ngobrol? Kok disuruh dengerin?"

Eiits ingat, ngobrol itu komunikasi dua arah. Kalau kamu cuman nyerocos terus tanpa ngebiarin yang lain bicara juga, itu sih namanya lagi pidato. Belajarlah mendengarkan apa kata orang lain. Ga harus ngerespon yang gimana banget. Banyak kok orang yang cuman pengen didengerin aja dengan respons seadanya.


2) Komunikasi non-verbal

Yap, komunikasi non-verbbal juga penting! Postur tubuhmu, gerakan mata, sampai posisi tanganmu juga menentukan loh apakah kamu orang yang asik diajak ngobrol. Tunjukkan kepercayaan dirimu dengan gestur dan postur tubuh yang beanr ya!


3) Kontrol emosimu

Ga ada yang seneng ngobrol sama orang yang amrah terus. Tapi, senyum terus saat ngobrol juga engga bagus. Makanya kamu harus bisa mengontrol emosimu saat sedang ngobrol. Kamu harus tau kapan saatnya senyum, kapan saatnya marah, kapan saatnya lebay, kapan saatnya diam.


4) Komunikasi Asertif

Kamu harus bisa menyampaikan segala sesuatu dengan sopan tanpa nyakitin lawan bicaramu. Dari pemilihan kata sampai gestur tubuh, semua perlu kamu perhatikan. INilah yang disebut komunikasi asertif.


Demikian tips ngobrol dari mimin Jasa Lengkap. Butuh kelas public speaking? Cari aja di Jasa Lengkap!

0 comments