top of page
  • Writer's pictureAdmin

Jangan Anggap Remeh! Ini Tandanya Kalau Kamu Butuh ke Psikolog!


Halo sobat Jasa Lengkap!

Kesehatan mental memang jadi problem bagi banyak anak muda saat ini, terutama di tengah pandemi dan ketidakpastian saat ini. Banyak yang merasa kesepian, stress, depresi, atau bahkan ingin mengakhiri hidupnya.

Mengingat betapa pentingnya kesehatan mental ini, mimin mau naikin awareness kalian seputar isu ini. Ada kalanya kamu engga bisa bertahan sendiri melawan depresimu, kesepianmu, atau pelbagai masalahmu. Kamu mungkin membutuhkan psikolog, sama seperti saat kamu sudah sakit parah dan harus ke dokter.

Tapi apa sih tanda-tandanya kalau kita sudah harus konsultasi ke psikolog? Yuk simak di bawah ini!


1) Tidak Bisa Mengendalikan Emosi

Kalau kamu jadi gampang banget kehilangan kontrol diri sampai berteriak, melukai diri, bahkan melukai orang lain, kamu sudah harus konsultasi ke psikolog! Tindakan berbahaya seperti self-harm atau kehilangan kendali diri bisa dihindari apabila kamu berkonsultasi sedini mungkin.


2) Merasa Ketakutan yang Berlebihan

Kalau kamu jadi gampang sekali ketakutan, ovethinking, khawatir, bahkan sampai tidak bisa melakukan apa-apa saking takutnya, kamu sudah wajib banget ke psikolog! Ketakutan yang berlebihan kalau tidak ditangani dengan segera bisa membawa kamu ke tindakan yang lebih ekstrem seperti bunuh diri. Duh, jangan sampai yaa. Hidup kamu tuh berharga <3


3) Kamu punya Trauma Masa Lalu

Kalau kamu punya trauma di masa lalu, kamu juga membutuhkan bantuan psikolog untuk mengatasinya. Trauma yang tidak ditangani bisa membuat kamu tidak percaya diri, kehilangan semangat hidup, dan jadi takut untuk melakukan kegiatan yang biasa dilakukan manusia pada umumnya. Oleh karenanya, kalau kamu punya trauma, mungkin kamu bisa mencari psikolog untuk membantu mengatasinya yaa.


4) Kamu Mulai Menyakiti Diri Sendiri

Ini jelas tanda bahaya! Kamu harus sesegera mungkin cari psikolog dan konsultasikan masalahmu. Menyakiti diri sendiri adalah manifestasi paling jelas dan berbahaya atas segala kekacauan di dalam kondisi mental kamu.


Buat kamu yang membutuhkan layanan psikolog, kamu bisa cari di Jasa Lengkap. Kamu bisa cari di jasalengkap.com ataupun di Aplikasi Jasa Lengkap yang bisa kamu download di sini. Stay strong dalam menjalani hidup yaa. Mimin yakin kamu pasti bisa melawan kekacauan di pikiran dan mentalmu saat ini! :D

0 comments
bottom of page