top of page
  • Writer's pictureAdmin

Tips Ampuh Biar Tidak Gugup di Depan Umum Saat Bicara


Halo sobat Jasa Lengkap!

Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya gugup. Gugup bisa timbul saat kita mencoba sesuatu yang menantang dan kita diharapkan untuk melakukan sebaik mungkin. Ini reaksi yang manusiawi kok. Hanya saja, gugup memang mengganggu karena terkadang membuat apa yang kita lakukan jadi optimal.

Salah satu hal yang bikin gugup begitu banyak orang adalah saat harus bicara di depan umum. Nah, buat kamu yang suka gugupan saat bicara di depan umum, mimin punya tips ampuh nih!


Eits, ketahui dulu tentang gugup

Menurut artikel “The Art of Failure” yang ditulis dalam buku What The Dog Saw karya Malcolm Gladwell, ada dua jenis orang gugup:

  1. Panic, Reaksi saat kamu ngeblank, ga tau harus ngomong apa.

  2. Choking, Kamu jadi overthinking, kehilangan insting alamiah, tiba-tiba takut untuk bertindak seperti biasanya.

Mana yang Lebih Baik?

Engga ada. Dua-duanya sama-sama buruk.


Walaupun keliatannya Choking lebih baik karena paling engga kamu masih bisa mikir (overthinking), kamu jadi kehilangan insting untuk bertindak seperti biasanya. Kalau dalam olahraga misalnya, orang yang choking bisa tiba-tiba bertindak kayak newbie alias orang yang baru belajar karena takut banget untuk bertindak seperti biasanya.


Harus Bagaimana Biar Engga Panic maupun Choking?

Tidak ada cara lain selain Sering Latihan Dengan Teknik Yang Benar, dan Sering Tampil di Depan Umum


Untuk memfasilitasinya, kamu membutuhkan coach yang berpengalaman, yang bisa mengevaluasi dan memberi feedback untuk kamu.


Cari Aja Public Speaking Training di Jasa Lengkap!

Ya! Di Jasa Lengkap ada beberapa public speaking coach yang siap melatihmu untuk jadi master public speaking. Ada Mozes Sosa yang punya Rekor MURI Pelatihan Public Speaking secara Estafet di Lokasi Terbanyak 2018 serta merupakan mantan media officer Persija. Ada juga Hoerudin Leadership Centre yang udah berpengalaman banget dalam melatih public speaking.


Yuk langsung gas aja belajar public speaking sama ahlinya! Kalau kamu bingung bagaimana cara memesan jasanya, baca aja tutorial di sini. Yang pasti, di Jasa Lengkap harganya udah jelas, langsung terhubung sama penyedia, dan ga pake biaya layanan!

0 comments
bottom of page