top of page
  • Writer's pictureAdmin

Tips Memahami Materi Sekolah Yang Susah Banget


Halo Sobat Jasa Lengkap!

Tak terasa ya sudah minggu kedua sekolah online. Rasa penat, lelah, pusing, frustasi, mungkin sudah menghampirimu. Materi sekolah tambah susah, penjelasan dari guru susah dimengerti, atau bahkan guru cuman nyuruh ngerjain tugas aja tanpa menjelaskan. Duh! Buat kamu yang kesusahan catch-up sama materi pelajaran kamu, mimin bagikan tips memahami materi sekolah yang susah banget biar kamu bisa naik kelas dan lulus dengan gemilang. Baca sampai habis ya!


1) Sederhanakan Materi Pelajaranmu dengan Visualisasi

Sumber: mindmapping.com

Materi yang panjang dan kompleks di buku kamu sebenarnya masih bisa disederhanakan. Kamu bisa ambil inti dari setiap materi, lalu buatkan peta konsep seperti contoh pada gambar di atas. Biar lebih menarik, kamu bisa buat peta konsepmu warna-warni dengan stabilo atau spidol berwarna.

Selain itu, kamu juga bisa mencatat ulang materi secara singkat ke dalam suatu ringkasan yang menarik. Buat berwarna-warni serta hias dengan gambar-gambar lucu. Dengan demikian, kamu jadi tertarik untuk membaca ulang materi pelajaranmu.


2) Konsisten luangkan waktu setiap hari untuk mengulang pelajaran

Tips berikutnya adalah selalu luangkan waktu setiap hari untuk mengulang materi atau setidaknya membaca catatan yang sudah kamu buat di poin 1. Lakukan ini meskipun tidak ada ujian ya. Konsisten mengulangi materi membuatmu bisa mengingat materi dengan lebih baik. Selain itu, kamu juga jadi punya waktu untuk berlatih setiap hari pada mata pelajaran seperti matematika atau fisika yang membuat kamu bisa lebih baik dalam berhitung dan berlogika.


3) Jangan belajar berlebihan! Kamu butuh istirahat juga

Tips berikutnya adalah batasi waktu belajarmu. Ya, tidak salah baca: batasi waktu belajarmu. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk belajar. Terlalu intens belajar bisa bikin kamu gampang stress, frustrasi, pusing, hingga gampang jatuh sakit. Selain itu, penelitian juga menunjukkan kalau belajar berlebihan justru melemahkan performa berpikir kamu karena kelelahan.

Salah satu tips alokasi waktu yang baik untuk belajar adalah dengan menerapkan 30-10, yaitu 30 menit belajar lalu 10 menit istirahat. Istirahat ini boleh kamu lakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya, dengan bermain game ringan sejenak, keluar rumah sejenak, bermain dengan hewan peliharaan, atau sekadar scroll-scroll di social media. Dengan begitu, proses belajarmu akan lebih efektif dan tidak bikin stress.


4) Miliki study group

Keberadaan teman yang mendukung juga bisa menentukan suksesnya belajar kamu loh. Karena itu, memiliki study group jadi tips keempat dari mimin. Dengan study group, kamu bisa saling mengajari dan saling memberi support saat mendekati ujian atau tugas yang menumpuk.


5) Miliki Tutor

Tips terakhir dari mimin adalah miliki tutor. Tutor di sini bisa macam-macam ya. Bisa kakak kamu yang sudah menjadi mahasiswa, ayah kamu yang (misalkan) juga seorang guru, atau juga kakak kelas kamu. Nah, kalau kamu tidak punya orang dekat yang bisa jadi tutor, mimin Jasa Lengkap punya solusinya! Kamu bisa cari tutor semua mata pelajaran di Jasa Lengkap loh. Kamu tinggal cari aja di kotak pencarian, dan taraaaa! Akan muncul banyak pilihan tutor dari berbagai daerah.


Demikian tips memahami materi yang susah banget di sekolahan. Kalau kamu terbantu, jangan sungkan-sungkan untuk membagikan artikel ini ya!

Butuh tutor matematika? Jasa Lengkap aja!

0 comments

Comments


bottom of page