• Admin

Tips Membaca Buku Biar Ilmunya Bisa Terus Diingat


Halo sobat Jasa Lengkap?

Membaca buku baik bagi otak kamu dan bisa memperluas pengetahuan kamu. Tapi, pengetahuan kamu baru terluaskan kalau kamu ingat baik apa isi buku yang kamu baca, dan bahkan bisa mempraktikkannya kalau memungkinkan. Namun, tak semua orang bisa mengingat dengan baik apa isi buku yang sudah dibacanya. Kegiatan membaca jadi hanya kegiatan mengisi waktu senggang dan menikmatinya saja. Nah supaya kamu bisa mengingat baik apa yang udah kamu baca dan bisa jadi bahan obrolan juga di lingkungan kamu, nih mimin kasih tipsnya.


1) Pahami dulu garis besar isi buku itu

Hal yang pertama perlu kamu lakukan saat membaca buku adalah bukan langsung lompat ke bab 1, tapi pahami dulu garis besar isi buku itu. Kamu bisa lakukan dengan membaca daftar isi sambil mencoba memahami alur dari buku tersebut. Cara ini berguna karena setiap pengetahuan yang ada dalam suatu buku nonfiksi biasanya terus bersambung. Jadi, memahami alur penyampaian materi dari buku tsb akan membantumu memahami ilmu yang ingin disampaikan juga.


2) Kritisi isi buku dengan pengetahuan yang kamu miliki

Cara berikutnya adalah dengan mencoba membandingkan pengetahuan yang kamu miliki dengan ilmu yang diberikan oleh buku. Misalnya, saat kamu membaca Outliers karya Malcolm Gladwell, mungkin yang kamu ketahui sukses itu ya karena kerja keras. Tapi buku Outliers malah mengatakan bahwa tak selamanya sukses itu karena kerja keras. Bisa jadi timbul karena keberuntungan. Nah, itu adalah contoh membandingkan pengetahuan itu. Lebih baik lagi kalau kamu bisa mengkritisinya sebelum menerimanya.


3) Mencatat Poin-poin Penting

Kalau kamu memang benar-benar ingin menyimpan pengetahuan yang diberikan dalam buku tsb, tak ada salahnya buat kamu untuk mencatat poin-poin pentingnya juga lho. Mimin sarankan sih kamu mencatatnya dengan menarik seperti dengan gambar-gambar atau dengan mind map. Selain itu, menulis dengan tangan di atas kertas juga lebih baik dibandingkan mengetikkannya di komputer/smartphone.


4) Cari Penerapannya (Kalau Ada)

Coba pikirkan penerapan dari ilmu yang kamu dapat dari buku kamu. Bagaimanapun, menerapkan adalah tingkat yang lebih tinggi dari sekadar tahu atau paham. Buku-buku seperti buku bisnis, buku psikologi, buku kepemimpinan, adalah contoh buku-buku yang bisa kamu terapkan ilmunya di kehidupan nyata. Tapi bagaimana kalau tidak bisa diterapkan seperti buku filsafat, sosial politik, dan sejenisnya? Ikuti tips ke-5, yaitu..


5) Diskusikan dengan Teman-temanmu atau Suatu Komunitas Pecinta Buku

Nah, kamu bisa diskusikan isi buku kamu dengan teman-teman kamu. Tidak harus dengan suasana berat kok, kamu bisa lakukan sambil ngopi atau bahkan sambil ngemil mi instan.


Nah itu tadi tips membaca buku biar ilmunya engga terbang gitu aja. Kalau membantu, jangan lupa disebarkan kepada teman-teman kamu ya!

0 comments