• Admin

Tips Memperbaiki HP Yang Terkena Air


Halo sobat Jasa Lengkap!

Belakangan memang mulai banyak HP yang tahan air dengan sertifikasi IPxx. Namun, beberapa dari kamu mungkin masih memiliki HP yang tidak memiliki sertifikasi tersebut. Kalau sampai tercemplung atau basah, urusannya tentu bisa gawat.

Nah buat kamu yang HP-nya biasa aja dan ga sengaja kecemplung, ini artikel yang tepat buat kamu. Yuk disimak aja bagaimana menyelamatkan HP yang tercemplung atau basah kena air.


1) Segera Angkat dan Jangan Colokkan ke Kabel Cas

Hal pertama yang wajib kamu lakukan dengan segera adalah segera mengangkat HP kamu. Kalau sedang dicolok ke kabel cas, segera cabut, karena risiko konsleting yang merusak HP secara total akan semakin tinggi saat dicas dalam keadaan basah. Selain itu, jangan colokkan kabel cas sama sekali ke HP ya.


2) Cabut Semua SIM Card, Kartu memori, dan baterai (jika memungkinkan)

Berikutnya, cabutlah semua komponen yang bisa dicabut dari HP kamu seperti SIM Card dan kartu memori. Kalau baterai HP kamu masih memungkinkan untuk dicabut, kamu bisa mencabutnya juga.


3) Matikan HP dan jangan nyalakan dulu

Jika HP masih menyala, segera matikan HP kamu. Hal ini untuk menghindari konsleting pada komponen HP yang mengakibatkan HP kamu rusak permanen. Jangan nyalakan dulu sementara waktu.


4) Mengeringkan air pada HP

Berikutnya kamu harus mengeringkan air di dalam HP kamu. Pertama-tama, keringkan dulu bagian luar HP kamu dengan lap kering. Berikutnya, benamkan HP kamu ke dalam beras. Beras bersifat menyerap air sehingga air yang masih terjebak di dalam HP kamu bisa terserap oleh beras. Benamkan di dalam beras selama setidaknya 2-3 hari ya.

Kamu juga bisa mengganti beras dengan silica gel yang biasa kamu dapatkan saat membeli sepatu, tas, atau barang-barang lainnya. Namun, jangan gunakan hair dryer ya. Udara panas dari hair dryer bisa merusak komponen HP kamu.


Demikian tips dari mimin soal cara menyelamatkan HP yang terkena air. Jangan lupa bagikan kalau kamu menyukainya ya. Kalau butuh bantuan teknisi, cari aja di sini. Harganya jelas, ga pake biaya layanan, dan langsung terhubung sama teknisinya via WhatsApp!

0 comments