top of page
  • Writer's pictureAdmin

Tips Mendesain Poster Yang Menarik dan Memikat Mata


Halo sobat Jasa Lengkap!

Di tengah era yang kaya akan informasi ini, tentunya kamu terkadang perlu untuk menyampaikan informasi dengan cara yang unik dan mudah dipahami banyak orang. Salah satu media yang tepat adalah poster.

Poster bisa menarik perhatian orang karena menggunakan visual sebagai perantara utama dalam menyampaikan informasi. Namun, tidak gampang lho membuat poster yang memikat mata untuk dibaca. Seringkali, poster yang dibuat banyak kalangan justru berakhir sebagai sampah visual yang menuh-menuhin jalanan atau mading aja.

Nah biar poster kamu bisa jadi perhatian orang, yuk ikutin tips berikut!


1) Perhatikan Ukuran dan Jenis Font!

Salah satu hal yang bikin orang males buat ngelirik poster buatan kamu adalah ukuran font yang kelewat kecil. Ingat, kunci utama poster yang baik adalah mudah dibaca. Oleh karenanya, gunakan ukuran font yang agak besar ya.


Selain ukuran, jenis font juga penting lho. Kalau poster kamu bersifat formal, gunakanlah font yang bergaya formal juga. Jangan sembarangan menggunakan font seperti Comic Sans untuk urusan serius ya. Postermu jadi terlihat aneh kalau jenis font yang kamu gunakan tidak sesuai konteks.


2) Perhatikan Komposisi Visualnya

Hal penting lain yang juga seringkali luput dari perhatian adalah visual posternya. Pastikan kamu menggunakan ilustrasi yang tepat sebagai objek yang tepat dalam postermu ya. Jangan masukkan foto-foto yang kurang berkaitan dengan ukuran sangat besar seperti foto pejabat, sponsor, dll. Tonjolkan visual yang berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan.


3) Permainan Warna

Selain font dan ilustrasi, permainan warna juga penting untuk diperhatikan. Salah satu tips yang banyak diikuti oleh desainer adalah dengan memadukan warna-warna kontras tinggi biar poster kamu mencolok dan mengundang perhatian. Namun hati-hati ya, jangan sampai perpaduan warna jadi terlalu norak. Ini membuat ketidaknyamanan saat orang melihat postermu.


4) Sediakan Ruang Kosong (Margin)

Tidak semua bagian poster perlu kamu isi dengan informasi. Tetap sisakan ruang kosong, terutama margin, biar poster kamu tetap nyaman untuk dibaca dari jarak jauh. Jadi, sebisa mungkin ringkas informasi agar kamu tidak perlu menuliskan informasi panjang-panjang di setiap ruang yang ada.


Demikian tips membuat poster dari mimin. Kalau kamu tidak mau pusing, mending cari aja deh jasa membuat poster di Jasa Lengkap. Harganya jelas, ga pake biaya layanan, dan langsung terhubung sama yang bikin poster!

0 comments

ความคิดเห็น


bottom of page