• Admin

Tips Menghadapi Ujian di Tengah Pandemi


Halo sobat Jasa Lengkap!

Ujian pasti merupakan sebuah momok bagi para siswa sekolah dan mahasiswa. Bagaimana tidak, porsi nilai yang besar dari ujian bisa bikin kita jadi takut dan parno sama nilai akhir. Tidak hanya itu, ujian bahkan bisa menjadi penentu masa depan seperti ujian UTBK atau ujian keprofesian.

Rasa gugup dan was-was bisa jadi merupakan kawan sehari-harimu menjelang ujian. Nah biar kamu bisa lebih tenang dan yakin dengan dirimu sendiri, mimin punya beberapa tips nih. Apa saja? Simak di bawah ini ya!


1) Persiapkan semua yang dibutuhkan

Kalau kamu ujian online, siapkan semua yang dibutuhkan ya. Siapkan meja ujian, kursi, pendingin ruangan, dan minuman biar kamu bisa fokus saat ujian. Tak hanya itu, pastikan juga perangkat komputer atau hp yang kamu gunakan juga bekerja dengan baik dan lancar.

Kalau ujiannya offline alias di tempat, kamu bisa persiapkan baju yang dibutuhkan, alat tulis, minuman, hingga alat transportasi. Karena ujainnya offline, berarti kamu harus mempersiapkan juga waktu yang dibutuhkan untuk sampai tepat waktu.


2) Belajar dari jauh-jauh hari

Belajar dengan sistem kebut semalam memang terasa lebih enak. Waktu luang kamu dari jauh-jauh hari bisa kamu gunakan untuk rebahan atau main game aja. Tapi, belajar dengan sistem SKS engga efektif lho. Kamu cuman bisa menyerap sekitar 20% materi dengan sistem ini.

Cara yang lebih efektif adalah dengan menyicilnya jauh-jauh hari sesuai tingkat kesulitan ujian. Kalau ujian UTBK, mungkin kamu perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari, dari 3 bulan sebelumnya misalkan. Kalau kamu merasa sudah cukup bisa dengan materi ujian, misalnya kamu menghadapi ujian menggambar dan kamu memang sudah jago menggambar sejak kecil, kamu bisa sedikit lebih longgar dengan berlatih satu hari sebelumnya.


3) Istirahat yang cukup

Masih terkait dengan poin nomor 2, lebih baik kamu belajar dari jauh-jauh hari biar bisa berisitirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup membuat otak kamu jadi lebih mengingat apa materi yang sudah kamu pelajari. Jadi, hindari begadang semalam sebelum ujian ya.


4) Rileks

Ya, rileks! Ini sangat penting karena saat kamu terlalu gugup, otak kamu jadi tidak bisa bekerja optimal untuk belajar dan mengerjakan ujian. Kamu bisa mempelajari teknik-teknik relaksasi diri di YouTube atau course online.


5) Makan dan minum yang cukup

Biar kamu bisa fokus saat ujian, jangan lupa makan dan minum yang cukup ya! Terlebih buat kamu yang ujian di pagi hari, jangan sampai skip sarapan. Makan sedikit lebih baik daripada tidak makan.


Demikian tips menghadapi ujian. Jangan lupa bagikan kalau berguna ya!

0 comments