Suka Mendengkur Saat Tidur? Berikut Tips Mengatasinya


Halo sobat Jasa Lengkap!

Mendengkur saat tidur alias ngorok memang bikin kita merasa engga nyaman. Kita jadi takut mengganggu orang yang tidur di dekat kita seperti pasangan atau anak kita. Selain itu, kualitas tidur kita juga biasanya tak seprima saat tak mendengkur. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi kebiasaan mendengkur ini.


Penyebab Mendengkur

Mendengkur disebabkan oleh terhalangnya saluran pernapasan akibat otot-otot di mulut, lidah, dan tenggorokan yang melemah. Terhalangnya saluran pernapasan ini menimbulkan suara dengkuran yang kita ketahui saat bernapas. Kondisi ini bisa diperparah dengan beberapa penyakit atau gangguan seperti apnea tidur, obesitas, gondok, konsumsi alkohol dan rokok, serta sinusitis.


Tips Mengatasi Mendengkur

1) Ubah posisi tidurmu

Posisi miring saat tidur adalah posisi terbaik untuk mengatasi mendengkur. Kamu bisa memiringkan tubuh ke kanan atau ke kiri. Posisi telentang saat tidak disarankan karena dapat menghalangi aliran udara ke tenggorokan dan pada akhirnya menimbulkan suara dengkuran tersebut.


2) Jaga berat badan pada kondisi ideal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obesitas menyebabkan mendengkur. Oleh karenanya, jaga selalu pola makanmu dan rutin berolahraga ya.


3) Hentikan konsumsi minuman beralkohol dan rokok

Iritasi saluran pernapasan yang disebabkan oleh rokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan dengkuran saat tidur. Maka dari itu, hentikan dari sekarang ya.


4) Menggunakan alat anti dengkuran

Mungkin kamu belum pernah mendengar alat semacam ini, tapi ternyata ada lho. Perangkat ini mirip pelindung mulut untuk atlet yang berfungsi membantu membuka jalan napas dengan mengarahkan rahang bawah atau lidah ke depan saat tidur.


5) Jaga kebersihan kamar

Dengkuran juga bisa terjadi karena alergi. Bisa saja alergi itu disebabkan oleh kondisi kamar yang kotor dan penuh debu. Oleh karenanya, bersihkan secara berkala ya. Kamu bisa temukan tipsnya di sini.


6) Mandi dengan air hangat

Kalau dengkuran disebabkan oleh sinusitis, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Kamu juga bisa menghirup uap hangat selama beberapa menit. Kehangatan akan membuka jalan napas sehingga kamu tidak mendengkur.


Demikian tips dari mimin Jasa Lengkap. Kalau butuh konsultasi dengan dokter, kamu bisa terhubung dengan WhatsApp dokter berpengalaman hanya di Jasa Lengkap. Jangan lupa bagikan kalau bermanfaat ya!

0 comments

Recent Posts

See All