• Admin

Trik Membujuk Anak Untuk Mau Makan Sayur


Halo sobat Jasa Lengkap!

Buat para bunda sekalian, pasti pernah dong ngerasain susahnya membujuk anak untuk makan sayur? Padahal, sayur-sayuran justru sangat dibutuhkan anak kecil dan balita untuk tumbuh kembangnya. Tak jarang orang tua malah menyerah atau justru memaksa dengan otoriter.

Nah, daripada menyerah atau jadi orang tua yang otoriter, mending bunda lakukan trik berikut ini deh agar si kecil mau makan sayur.


1) Tambahkan sayur pada makanan favorit anak

Bunda pasti tahu kan si kecil suka makanan apa? Mungkin nasi goreng? Mungkin kebab? Mungkin mi instan? Nah, bunda bisa tambahkan sayur pada makanan favorit si kecil. Bunda bisa potong kecil-kecil sayurannya sehingga si kecil sulit untuk menghindari memakan sayur. Dengan begitu, si kecil lama kelamaan akan membangun persepsi bahwa sayur tidak seburuk yang dia kira.


2) Berikan olahan sayur/buah

Saat ini, sudah banyak lho produk-produk olahan sayur dan buah yang dikhususkan untuk si kecil. Dari yoghurt, susu, dan makanan lainnya, semua bisa bunda temukan di supermarket atau pasar terdekat. Pastinya produk-produk seperti ini memiliki rasa yang enak dan disukai anak-anak. Jadi, si kecil bisa memenuhi asupan gizinya secara tidak langsung.


3) Berikan reward saat si kecil mau makan sayur

Berikutnya, bunda bisa berikan reward atau hadiah apabila si kecil berhasil menghabiskan masakan sayuran seperti sop. Menurut buku Atomic Habits yang pernah mimin bahas di sini, memberikan reward untuk suatu kebiasaan baik akan membuat manusia jadi senang mengulang kebiasaan tersebut.


Reward yang diberikan tidak harus berupa mainan mahal kok. Pujian dari bunda juga sudah termasuk reward yang memotivasi si kecil kok.


4) Ajak makan bersama temannya yang suka sayur

Kalau si kecil agak sulit nurut sama orang tua, bunda bisa mengakalinya dengan mengajak si kecil makan bersama temannya yang suka sayur. Dengan begitu, si kecil jadi terpengaruh oleh teman sebayanya untuk menyukai sayur juga.


Demikian tips dari mimin untuk para bunda sekalian biar si kecil suka makan sayur. Selalu perhatikan asupan gizi si kecil ya agar tumbuh kembangnya maksimal.

0 comments